Chat Only
Image

Diklat Virtual Audit Internal Bulan Oktober 2023 Sudah Dibuka

Audit Internal bisa dikatakan sebagai unit penting bagi operasional perusahaan. Dibutuhkan tenaga ahli yang disebut auditor internal untuk mengelola hal tersebut. Demi mendapatkan SDM yang memadai, perusahaan harus mendukungnya dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat).

PPA&K sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan, memfasilitasi adanya program diklat dan sertifikasi Audit Internal. Program tersebut terdiri dari lima jenjang yang wajib diikuti secara bertahap untuk bisa mendapatkan gelar Auditor Internal. Setiap bulan PPA&K selalu menyelenggarakan program tersebut dan pada bulan Oktober 2023 ini program diklat sudah dibuka. Pembukaan dilakukan secara virtual pada 2 Oktober 2023 dengan melibatkan peserta dari berbagai perusahaan. Pada bulan ini, diklat yang berjalan adalah Diklat Dasar-Dasar Audit juga Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit. Tentunya kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi dan Direktur Operasional, Bapak Budi Hanta.

Pada sesi sambutan, Bapak Supriyadi mengibaratkan bahwa Auditor Internal merupakan posisi yang strategis di perusahaan karena mereka yang memeriksa dan menganalisis kegiatan di perusahaan. Selain itu, Auditor Internal lah yang melakukan pengendalian agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan semestinya.

"Auditor internal bagaikan leher di perusahaan karena bertugas merekomendasikan segala hal terutama terhadap Governance, Risk Management, dan Control (GRC)," ujar Bapak Supriyadi.

Salah satu yang menjadi faktor dalam keberhasilan audit ialah cara seorang auditor berkomunikasi, baik komunikasi dengan tim maupun dengan pimpinan. Bapak supiyadi menuturkan bahwa ini juga merupakan fakator yang sangat penting. Maka dari itu dibutuhkan teknik dalam berkomunikasi.

"Tidak hanya mampu berkomunikasi, tapi sebagai seorang auditor internal ini, Bapak dan Ibu juga harus mampu untuk memahami secara psikologis agar bisa me-manage konflik," jelasnya.

Pada pelaksanaan diklat, peserta akan mendapatkan pembekalan dari para pengajar yang sudah berpengalaman belasan tahun di bidang audit internal. Peserta Diklat Dasar-Dasar Audit akan melaksanakan diklat sampai dengan tanggal 11 Oktober 2023, sedangkan Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit lebih cepat satu hari yaitu 10 Oktober 2023. Diharapkan setelah mengikuti diklat ini, para peserta bisa terus terpacu untuk menjadi seorang Auditor Internal yang kompeten sehingga bisa mendorong perusahaan agar reputasinya terjaga.

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT