Chat Only
Image

Tiga Sertifikasi dilaksanakan secara Virtual di Bulan Agustus 2023

Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) berawal dari lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) yang  berfokus pada GRC (Governance, Risk, and Control). Atas adanya transformasi, kini PPA&K menyelenggarakan diklat mulai dari Audit Internal, Risk Management, Good Corporate Governance (GCG), Akuntansi, Keuangan, dan Perpajakan yang di selenggarakan secara rutin setiap bulan.

Memasuki bulan Agustus 2023 PPA&K kembali membuka diklat secara virtual. Kali ini ada tiga sertifikasi yang dilaksanakan. Diklat yang berjalan pada Bulan Agustus diantaranya Audit Internal yang meliputi Diklat Dasar-Dasar Audit, Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit, Diklat Pengelolaan Tugas-Tugas Audit. Kemudian Diklat sertifikasi Certified Governance Professional (CGP) dan Qualified Risk Management Analyst (QRMA). Pembukaan diklat dan sertifikasi dihadiri oleh para peserta yang berasal dari intansi pendidikan dan BUMN dan dilaksanakan secara online melalui Zoom pada 7 Agustus 2023. 

Diantara diklat yang berjalan, ada tiga diklat yang merupakan diklat berjenjang yakni Audit Internal terdiri atas Diklat Dasar-Dasar Audit, pada diklat ini peserta akan mempelajari pengertian dan pemahaman proses dan teknik audit. Kemudian ada Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit yang akan membekali peserta dengan pengetauan mengenai ilmu psikologi dan komunikasi yang dibutuhhkan dalam mendukung kegiatan seorang auditor. Sedangkan pada Diklat Pengelolaan Tugas-Tugas Audit, peserta akan diberikan pemahaman terkait dengan kepemimpinan dalam audit, norma audit, dan kegiatan pengelolaan dalam proses audit, serta pengetahuan mengenai pengelolaan SDM dan pengendalian mutu. 

Adapun GCG atau Tata Kelola Perusahaan seperti Diklat CGP yang bertujuan mendapatkkan sertifikasi kompetensi Pelaksana Bidang Tata Kelola korporasi atau tata kelola publik, serta manajemen risiko. Selain itu, Diklat Manajen Risiko seperti Diklat QRMA yang diperuntukan bagi staf di seluruh unit kerja, staf penyelia, dan para asisten manajer yang berfungsi sebagai Risk Officer tingkat madya yang berperan sebagai risk analyst bagi organisasinya. 

Bedasarkan database PPA&K, sebagian peserta sebelumnya sudah pernah mengikuti diklat di PPA&K. Hal ini karena adanya faktor kepercayaan sehingga para peserta kembali melaksanakan diklat di PPA&K untuk mengembangkan kapasitas dan kualitas dirinya. 

"Mungkin ini adalah pertemuan kita yang ketiga dan yang kelima bagi peserta yang mengikuti Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit dan Diklat Pengelolaan Tugas-Tugas Audit," ujar Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi, dalam sambutannya. 

Beliau juga mengingatkan bahwa pelaksanaan diklat akan selesai di waktu yang berbeda. Diklat CGP dan Diklat QRMA akan selesai terlebi dulu pada 11 Agustus 2023. Setelah itu ada Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit akan selesai pada 15 Agustus 2023, sedangkan Diklat Dasar-Dasar Audit dan Pengelolaan Tugas-Tugas Audit akan selesai pada 16 Agustus 2023. Khusus bagi Diklat CGP, QRMA, dan Pengelolaan Tugas-Tugas Audit akan dilakukan Uji Kompetensi pada hari terakhir diklat. 

"Untuk Pengelolaan Tugas Tugas Audit akan melaksanakan uji kompetensi oleh LSPAI, sedangkan peserta diklat CGP dan QRMA akan dilakukan uji kompetensi oleh LSP-MKS," tutupnya. 

Tersedianya banyak program diklat yang diselenggarakan PPA&K memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan sistem kerja dan kualitas SDM dalam rangka mendukung kinerja perusahaan. Selain itu PPA&K juga akan terus melakukan inovasi untuk bisa menjadi lembaga diklat yang semakin terdepan dan terpercaya, baik sekarang maupun di masa depan.

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT