Chat Only
Image

Diklat Dasar-Dasar Audit Sebagai Awal Diklat Periode Oktober 2023

Sebagai unit yang memegang peranan penting dalam kinerja perusahaan, Auditor internal perlu mendapatkan bekal yang dapat menunjang kebutuhannya dalam bekerja. Oleh karenanya, PPA&K hadir untuk mendukung perusahaan agar memiliki SDM yang unggul dengan adanya pendidikan dan pelatihan (Diklat), mulai dari Program Diklat Audit Internal, Audit Forensik, Manajemen Risiko, Good Corporate Governance (GCG), Akuntansi, Keuangan, dan perpajakan.

Konsistensi PPA&K dalam menyelenggarakan pelatihan sudah tidak diragukan. Setelah menyelenggarakan diklat secara virtual pada 2 Oktober 2023 yang lalu, kini PPA&K kembali menyelenggarakan diklat secara tatap muka. Dilaksanakan di Green Forest Bogor Hotel, diklat kali ini dibuka dengan program diklat Auditor internal, yaitu Diklat Dasar-Dasar Audit pada 9 Oktober 2023. Peserta yang terlibat berasal dari berbagai perusahaan yang tersebar di wilayah Indonesia dan merupakan para pegawai yang biasanya baru bergabung di unit Audit Internal atau Sistem Pengendalian Intern (SPI). Hal tersebut diakui para peserta, bahkan ada yang baru satu bulan menempati posisi sebagai audit internal.

“Tidak apa-apa, justru lahkah yang tepat saat kita baru memasukinya diberikan dukungan pelatihan oleh perusahaan seperti saat ini,” ujar Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi, pada sesi pembukaan diklat.

Selain itu Bapak Supriyadi selalu mengingatkan bahwa seorang Auditor Internal merupakan leher dari Perusahaan. Sehingga para peserta ditekankan untuk bisa memahami proses kinerja perusahaannya. Kesempatan menerima pembekalan materi dari para fasilitator harus dimanfaatkan sebagai forum diskusi terkait dengan permasalahan yang ada pada proses Audit Internal. Adanya pelatihan ini akan menstimulasi para peserta agar mampu mengambil keputusan dan memberikan rekomendasi yang tepat kepada perusahaan.

”Mulai dari gambaran umum, tahapan, proses, sampai penyusunan laporan Audit bisa dipelajari Bapak dan Ibu saat mengikuti Diklat Dasar-Dasar Audit di PPA&K,” jelas Bapak Supriyadi kepada para peserta.

Terakhir, Bapak Supriyadi juga menjelaskan kepada para peserta bahwa mereka bisa melanjutkan ke jenjang diklat berikutnya untuk menjadi seorang Auditor Internal yang dinyatakan kompeten. Selain Diklat Dasar-Dasar Audit, masih ada Diklat Audit Operasional, Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit, Audit Kecurangan, dan terakhir ada Diklat Pengelolaan Tugas-Tugas Audit.

”Pelan-pelan semua jenjang ini dapat diikuti dan diselesaikan. Tetap semangat untuk mengasah kemampuan,” tutupnya.

Setelah pembukaan diklat selesai, peserta diberikan tugas untuk membuat resume pembelajaran hari pertama. Tujuannya adalah membuat peserta lebih mudah untuk memahami materi yang diberikan dan apabila ada hal yang belum dipahami bisa didiskusikan di dalam kelas. Hal ini tidak hanya berlaku pada Diklat Dasar-Dasar Audit, melainkan berlaku juga dengan diklat lainnya.

Diklat Dasar-Dasar Audit yang dilaksanakan pada bulan ini akan berlangsung dari tanggal 9 sampai 19 Oktober 2023.  Selain itu ada diklat lain yang akan dimulai pada 13 Oktober 2023, yaitu Diklat Audit Kecuarangan dan Diklat Khusus Bagi Kepala SPI.

 

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT