Chat Only
Image

Ragam Diklat dan Sertifikasi Virtual PPA&K di Bulan November 2023

Kebutuhan akan sumber daya manusia kian meningkat untuk bisa mengelola sebuah sistem di organisasi atau perusahaan. Hal ini diiringi dengan berkembangnya regulasi sehingga sumber daya di perusahaan harus menyesuaikan diri. Keinginan untuk memajukan kinerja perusahaan juga tidak bisa dipungkiri dan membuat perusahaan memberikan dukungan kepada para tenaga kerja untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) serta sertifikasi.

Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) sudah beroperasi lebih dari 15 tahun berpengalaman dalam menyelenggarakan diklat dan sertifikasi. Pada perkembangannya PPA&K turut serta dalam menjawab kebutuhan perusahaan dengan mengadakan berbagai diklat, baik di bidang Audit Internal, Audit Forensik, Manajemen Risiko, Good Corporate Governance (GCG), Akuntansi, Keuangan, sampai Perpajakan. Diklat tersebut konsisten dibuka setiap bulan dan adanya hal ini membuat PPA&K dapat menjalin relasi yang baik dengan berbagai instansi atau perusahaan.  Terlebih PPA&K bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi yang sudah berbasis uji kompetensi.

Sebagai lembaga yang terdepan dan terpercaya, PPA&K kembali menyelenggarakan diklat dan sertifikasi di bulan November 2023 yang dilakukan secara virtual. Adapun diklat yang dibuka antara lain, Audit Kecurangan, Qualified Risk Governance Professional (QRGP), Qualified Risk Management Officer (QRMO), Qualified Risk Management Professional (QRMP), Certified Governance Oversight Professional (CGOP), dan yang terbaru adalah Diklat Auditor Internal Muda Rumah Sakit.

Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi, yang hadir pada pembukaan diklat virtual ini turut menyambut peserta dengan rasa bangga, karena secara bersamaan ada enam jenis diklat yang terlaksana bersama. Para peserta yang terlibat pun bukan hanya dari yang baru bergabung, melainkan peserta yang sebelumnya sudah pernah mengikuti diklat berjenjang di PPA&K. Beliau pun tidak sukar untuk berbagi fakta mengenai jumlah peserta yang sudah lulus menjadi alumni.

“Selama PPA&K menjadi lembaga diklat, jumlah yang telah mengikuti diklat sampai saat ini berjumlah 24.014 peserta dari 1.417 perusahaan,” ungkapnya.

Bapak Supriyadi juga menyampaikan hal-hal apa saja yang akan diterima peserta pada diklat dan sertifikasi yang diikuti. Pada Diklat Audit Kecurangan yang merupakan jenjang keempat sebelum dinyatakan kompeten sebagai Auditor Utama, para peserta tidak hanya menerima pembelajaran dari para fasilitator berpengalaman, tetapi juga akan diuji Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor internal (LSPAI).

“Dengan adanya diklat dan sertifikasi  Audit Kecurangan ini, kami berharap para peserta dapat lebih tajam dalam penjegahan terjadinya fraud di perusahaan,” ujar Bapak Supriyadi.

Sedangkan bagi para peserta Diklat Auditor Internal Muda Rumah Sakit, Bapak Supriyadi menyampaikan bahwa seorang Auditor Internal amat dibutuhkan pada suatu intansi, termask rumah sakit. Hal itu juga sudah tertuang dalam undang-undang bahwa auditor internal atau Satuan Pengawasan Internal (SPI) harus dibentuk untuk mengoptimalkan peranan Rumah Sakit. Kemudian terkait dengan Good Corporate Governance (GCG), PPA&K juga memiliki diklat dan sertifikasi CGOP yang ditujukan untuk diikuti oleh dewan komisaris atau owner perusahaan.

“Hal tersebut juga sudah tercantum pada Peraturan Menteri BUMN No. 2 tentang tata kelola dan sudah pasti juga tertuang pada Undang-Undang BUMN,” jelas Bapak Supriyadi terkait dengan CGOP.

Selanjutnya untuk program diklat manajemen risiko seperti QRGP, QRMO, QRGP, merupakan diklat yang dapat diikuti oleh satuan yang berkaitan dengan manajemen risiko dengan tujuan untuk meminimalir risiko atau menghadapinya agar kinerja perusahaan bisa lebih optimal. Adanya beragam pilihan dari program diklat ini agar para peserta, mulai dari tingkat staff hingga komisaris, dapat mengikuti diklat di PPA&K dan membawa perubahan yang baik bagi kemajuan perusahaan.

Diklat virtual pada bulan November ini diagendakan akan selesai pada waktu yang berbeda. Program diklat manajemen risiko akan serentak selesai pada tanggal 9 November 2023, sedangkan untuk diklat audit kecurangan akan selesai pada tanggal 10 November 2023 dan diklat auditor internal muda rumah sakit akan selesai pada 15 November 2023.

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT