Chat Only
Image

Wujud Kerjasama PPA&K dengan Berbagai Pihak Di Bulan November 2023

Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) tidak sekadar menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan, tetapi juga menjadi lembaga yang mendukung kemajuan sebuah badan atau perusahaan dalam mencapai tujuannya. Puluhan tahun berkiprah, PPA&K memperluas jangkauan kerjasama dan konsisten terhadap apa yang dijalankan. Hal ini juga yang memupuk rasa kepercayaan para mitra agar tetap bersama dengan PPA&K. PPA&K terus berupaya mewujudkan kerjasama dengan para mitra melalui berbagai jenis kegiatan, mulai dari pendidikan dan pelatihan, sertifikasi gelar profesi, konsultansi manajemen hingga seminar dan pengukuhan gelar profesi.

Diawali pada tanggal 9 dan 10 November 2023, PPA&K bersama dengan LSPAI dan PAI-BK menyelenggarakan kegiatan seminar dan pengukuhan gelar Auditor Internal terhadap 103 Auditor Internal di Grand Mercure, Solo Baru, Jawa Tengah. Sebelum melakukan pengukuhan, peserta diajak untuk mengikuti seminar nasional yang menghadirkan narasumber luar biasa seperti Wakil Ketua KPK periode 2007-2011 yaitu Prof. Dr. Haryono, Komisioner BNSP yaitu Tetty Ariyanto, dan seorang Akademisi yaitu Prof. Dr. Hasan Fauzi. Adapun gelar Auditor Internal yang dikukuhakan antara lain, Associate Certified Competent Internal Auditor (ACCIA), Certified Competent Internal Auditor (CCIA), Certified Professional Internal Auditor (CPIA), dan Certified Professional Audit Manager (CPAM). Kegiatan ini melibatkan 56 BUMN dan BUMD yang memberikan kepercayaannya kepada PPA&K dalam peningkatan kompetensi SDM.

Kemudian dilanjutkan pada tanggal 13 dan 14 November 2023, PPA&K bekerjasama dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) Republik Indonesia dalam menyelenggarakan In House Training Pelatihan Financial Modeling pada BLU Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid dengan pelaksanaan tatap muka dilakukan di The Orient Hotel Jakarta sedangkan pelaksanaan virtual dilakukan melalui Zoom. Tentunya praktisi yang berpengalaman juga dihadirkan untuk membekali para peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam  memastikan apakah manfaat ekonomi yang dihasilkan dari suatu penyediaan infrastruktur memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan biaya ekonominya. Selain itu, pelatihan ini membuat peserta lebih memahami lagi tentang proyeksi keuangan (Financial Forecasting).

Di lain kesempatan, pada tanggal 16 dan 17 November 2023, PPA&K kembali dipercaya sebagai penyelenggara In House Training Certified Governance Oversight Professional (CGOP). Kegiatan ini diikuti oleh Dewan Pengawas dan Komite Audit dari Perumda Jasa Tirta yang dilakukan secara tatap muka di Hotel Salak Heritage, Bogor, Jawa Barat. Selama dua hari peserta menerima materi dan aktif berdiskusi terkait dengan permasalahan yang kerap dihadapi di perusahaan. Selain itu, PPA&K juga bekerjasama dengan LSP-MKS yang merupakan lembaga sertifikasi profesi. Di hari terakhir, para peserta langsung mengikuti uji kompetensi.

Tidak berhenti disana, PPA&K digaet untuk berkontribusi dalam kegiatan Pembinaan UMKM Sinergi Penyaluran Pertamina – BRI pada tanggal 20 November 2023. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, pada kegiatan kali ini peserta yang terlibat adalah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat yang merupakan Mitra UMKM binaan Pertamina. Upaya Pertamina untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dilakukan melalui Program SMEPP (Small Medium Enterprise Partnership Program). Program ini dilakukan dengan menyalurkan dana pinjaman, pendampingan, serta pembinaan usaha. Pada kegiatan ini para peserta antusias untuk berbagi pengalaman, terlebih sudah dihadirkan seorang pelaku UMKM yang telah berhasil meningkatkan kapasitas usahanya dengan mengelola modal dan mengalokasi penghasilannya agar usaha yang dilakukan bisa maju dan berkembang. Sama seperti PPA&K yang terus berinovasi untuk mengembangkan jalinan kerjasama dengan berbagai pihak agar bisa menjadi lembaga yang terdepan dan terpercaya.

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT