Chat Only
Image

Kontribusi PPA&K Dalam Mendukung Peraturan Perundang-Undangan dengan Membuka Diklat Virtual Periode Juni 2023

Tidak terasa sudah memasuki pertengahan tahun 2023, PPA&K terus berkontribusi untuk mengembangkan sumber daya di bidang Audit Internal, Audit Forensik, Manajemen Risiko, Good Corporate Governance, Akuntansi, Keuangan, dan Perpajakan. Pada 5 Juni 2023 telah diselenggarakan pembukaan Diklat virtual melalui Zoom yang diikuti oleh peserta dari berbagai perusahaan. 

Adapun diklat yang dilaksanakan adalah Diklat Dasar-Dasar Audit yang diselenggarakan dari tanggal 5 sampai 14 Juni 2023 dan Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 13 Juni 2023. Kemudian Diklat Pengelolaan Tugas-Tugas Audit dilakukan pada 5 sampai 14 Juni 2023, dengan pelaksanaan uji kompetensi di hari terakhir penyelenggaraan diklat. Selain itu Diklat Qualified Chief Risk Officer (QCRO) yang diperuntukan bagi manajer senior yang berfungsi sebagai risk owner di tingkatan strategis dan pengemban tugas pemastian efektivitas program manajemen risiko. Diklat QCRO diselenggarakan pada tanggal 5 sampai 8 Juni 2023, dan melakukan uji kompetensi juga di hari terakhir pelaksanaan diklat tersebut. 

Mengenai Diklat yang diselenggarakan oleh PPA&K, Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi, manyampaikan pentingnya hal tersebut bagi karir peserta dan kelangsungan perusahaan. seperti contohnya Audit internal yang sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan. 

"Saat ini, khususnya untuk BUMN sudah diatur dalam Undang-Undang No.19 Tahun 2003 tentang BUMN, dan peraturan terbaru ada pada Permen BUMN No. 2 Tahun 2023 berkaitan dengan tata kelola BUMN," Ujar Bapak Supriyadi. 

Pada Diklat Dasar-Dasar Audit, para peserta akan dibekali dengan pengetahuan dasar, pemahaman terhadap pengendalian manajemen, teknik, dan tahapan proses audit. Sedangkan pada Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit peserta akan mempelajari lebih jauh seperti cara berkomunikasi dan bekerjasama agar auditor bisa bekerja secara efektif. Kemudian untuk Diklat Pengelolaan Tugas-Tugas Audit yang merupakan jenjang terakhir pada Program Diklat Audit Internal direncanakan akan melaksanakan pengukuhan pada bulan Oktober 2023 oleh Asosiasi Auditor Internal. Bapak Supriyadi menambahkan peraturan perundang-undangan juga telah mengatur tentang manajemen risiko khususnya bagi perusahaan yang berkaitan dengan jasa keuangan.

"Peraturan yang tertuang dalam Undang-Undang No.4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan menyatakan kita harus memiliki kompetensi tentang pengembangan  sektor keuangan terutama manajemen risiko," tambahnya.

Setelah memberikan sambutan, Bapak supriyadi membuka kegiatan diklat virtual ini dan tidak lupa mengingatkan kepada peserta untuk mengikuti pelatihan dengan rasa suka cita agar pembelajaran dapat diterima dengan baik.

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT