Chat Only
Image

Kerjasama Terjalin dengan PT Bank Sulselbar Melalui IHT Diklat dan Uji Kompetensi Audit Internal 1 Akuntansi dan Keuangan Sertifikasi ACCIA

Menjadi sebuah lembaga swasta nasional yang terdepan dan terpercaya membuat Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) terus berupaya dalam memberikan pelayanan terbaik. Komitmen untuk berkontribusi pada kemajuan perusahaan juga dilakukan dan menghasilkan jejaring mitra yang semakin luas. Hasil tersebut diwujudkan dengan adanya instansi atau perusahaan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia menggunakan jasa PPA&K dalam menghasilkan SDM yang lebih unggul.

Tidak hanya pendidikan dan pelatihan (diklat) yang rutin dijadwalkan setiap bulan, PPA&K juga bisa menjadi solusi apabila secara khusus perusahaan ingin mengadakan In House Training (IHT). Seperti saat ini, PPA&K diberikan kepercayaan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Sulwesi Selatan dan Sulawesi Barat, atau yang lebih dikenal sebagai PT Bank Sulselbar, dalam penyelenggaraan IHT Diklat dan Uji Kompetensi Audit Internal 1 Akuntansi dan Keuangan Sertifikasi Associate Certified Competence Internal Auditor (ACCIA). Kegiatan ini sudah berlangsung secara tatap muka sejak 14 Desember 2023 dan akan selesai pada 21 Desember 2023, setelah itu akan dilanjutkan dengan uji kompetensi pada 22 Desember 2023.

Pembukaan dilakukan pada tanggal 14 Desember 2023 dengan dihadiri oleh Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi bersama Pelaksana Tugas Pemimpin Divisi Audit Internal dan Anti Fraud PT Bank Sulselbar, Bapak Asfan Masri. Selain itu, fasilitator yang akan memberikan pembekalan materi turut dihadirkan dan diperkenalkan kepada para peserta yang akan mengikuti pembelajaran. Kegiatan ini merupakan sebuah  upaya agar auditor internal PT Bank Sulselbar mempersiapkan diri dan mempunyai kompetensi auditor internal yang setara serta diakui oleh lembaga lain, dalam hal ini Auditor Eksternal. Kerjasama antara kedua pihak ini ditandai dengan pemberian cenderamata oleh PPA&K untuk PT Bank Sulselbar.

Bukan perjalanan singkat untuk mencapai gelar sebagai auditor internal yang professional dan diakui. Setelah menerima pembekalan materi dari fasilitator, para peserta harus mengikuti uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Internal (LSPAI) agar peserta bisa mendapat gelar ACCIA oleh Dewan Sertifikasi PAI-BK. Uji kompetensi dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan peserta dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan IHT.

Diketahui bahwa sertifikasi ACCIA merupakan tingkat pertama bagi para auditor, atau bisa disebut sebagai Auditor Muda. Jenjang diklat yang dilalui oleh para peserta untuk mencapai gelar tersebut adalah Dasar-Dasar Audit dan Audit Operasional. Gelar tertinggi yang dianugerahkan PAI-BK untuk para Auditor Internal adalah CPIA, dimana para peserta sudah menyelesaikan diklat Dasar-Dasar Audit, Audit Operasional, Komunikasi dan Psikologi Audit, Audit kecurangan, serta Pengelolaan Tugas-Tugas Audit di PPA&K.

PT Bank Sulselbar akan melakukan kegiatan diklat dan sertifikasi akan berlangsung selama sepuluh hari terhitung sejak pembukaan sampai dengan selesai. Atas adanya IHT Diklat dan Uji Kompetensi Audit Internal 1 Akuntansi dan Keuangan Sertifikasi ACCIA, kerjasama antara PPA&K dengan PT Bank Sulselbar bisa terjalin sehingga kedepannya PT Bank Sulselbar bisa mempercayakan kembali diklat dan sertifikasi lanjutan di lingkungan PT Bank Sulselbar.

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT