Chat Only
Image

Diklat Virtual Audit Internal Periode Februari 2024 Sudah Dibuka

PPA&K sebagai lembaga yang fokus pada pengembangan sumber daya perusahaan kembali menyelenggarakan diklat virtual pada 5 Februari 2024. Kali ini program diklat yang dibuka adalah Audit Internal meliputi Diklat Dasar-Dasar Audit dan Audit Kecurangan. Pembukaan diklat yang dilakukan melalui Zoom ini dihadiri oleh para peserta dan dibuka oleh Direktur Operasional PPA&K, Bapak Budi Hanta.

Pada sambutannya Bapak Budi Hanta menjelaskan secara singkat bahwa PPA&K yang dulu bergabung dengan sebuah lembaga pendidikan pemerintahan pada tahun 1982, sudah berdiri secara independen sejak tahun 2007. Perubahan satker tersebut membuat PPA&K bertransformasi menjadi lembaga swasta nasional yang lebih baik dengan menyelenggarakan berbagai pendidikan dan pelatihan diantaranya Audit Internal, Manajemen Risiko, Good Corporate Governance (GCG), dan sebagainya.

Pada diklat virtual periode Februari 2024, peserta datang dari Satuan Pengawasan Intern (SPI) beberapa perusahaan yang berbeda. Peserta yang mengikuti Diklat Dasar-Dasar Audit merupakan para pemula yang baru memasuki satuan kerja SPI atau Audit Internal. Lain halnya dengan peserta Audit Kecurangan yang sudah beberapa waktu bekerja sebagai SPI atau Audit Internal dan sudah melalui beberapa jenjang diklat sebelumnya. Adapun jenjang pada Program Diklat Audit Internal di PPA&K adalah Diklat Dasar-Dasar Audit, Diklat Audit Operasional, Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit, Diklat Audit Kecurangan, dan yang terakhir adalah Diklat Pengelolaan Tugas-Tugas Audit. Hal ini sesuai dengan skema yang diterapkan, yaitu Permen BUMN No. 2 Tahun 2023 bahwa diklat itu harus berjenjang dan diadakan juga sertifikasi yang minimal sudah diakui secara nasional

”Alhamdulillah diklat di PPA&K ini sudah sesuai dengan regulasi yang berjenjang, ada audit internal muda, madya, hingga utama. Kemudian sertifikasinya sudah diakui oleh Badan Nasional Sertifiikasi Profesi (BNSP),” ujar Bapak Budi Hanta.

Agar bisa mendapatkan gelar Auditor Muda, peserta harus melalui Diklat Dasar-Dasar Audit dan Audit Operasional serta asesmen. Kemudian untuk menjadi Auditor Madya harus melewati Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit serta asesmen. Selanjutnya untuk menjadi Auditor Utama, peserta harus melalui Diklat Pengelolaan Tugas-Tugas Audit beserta asesmennya.

PPA&K sendiri telah bekerjasama dengan LSP Audit Internal yang melakukan asesmen agar peserta dinyatakan kompeten di bidangnya. Sesuai yang dikatakan oleh Bapak Budi Hanta LSP Audit Internal ini sudah diakui secara nasional oleh BNSP. Kini PPA&K memiliki beberapa gelar Audit Internal yaitu, Associate Certified Competent Internal Auditor (ACCIA) untuk Auditor Muda, Certified Competent Internal Auditor (CCIA) untuk Auditor Madya, Certified Professional Internal Auditor (CPIA) untuk Auditor Utama, dan Certified Professional Audit Manager (CPAM) gelar yang diperuntukan bagi kepala SPI apabila mengikuti Diklat Audit Internal Khusus bagi Kepala SPI.

Diklat Dasar-Dasar Audit akan berlangsung hingga tanggal 16 Februari 2024, sedangkan Diklat Audit Kecurangan akan selesai lebih dulu, yaitu pada tanggal 13 Februari 2024 sekaligus dilaksanakannya sertifikasi Auditor Madya. Harapan setelah  mengiikuti diklat di PPA&K ini para peserta bisa menjadi Auditor yang kompeten dan memberikan kontribusi pada Perusahaan.

 

 

 

 

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT