Chat Only
Image

Sistem Informasi Manajemen Good Corporate Governance (SIMGO)

A.     Latar Belakang

Setiap perusahaan harus memastikan bahwa Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan berjalan dalam koridor bisnis yang tepat pada semua jajaran sesuai dengan dasar Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor : PER-01/MBU/2011 sebagaimana telah diubah dengan PER-09/MBU/2012. Implementasi pengukuran Penerapan GCG menggunakan Petunjuk Teknis Sekretaris Menteri BUMN No.SK-16/S.MBU/2012 tanggal 6 Juni 2012.

 

Tata kelola perusahaan yang baik meliputi transparansi, akuntabilitas, responbilitas, independensi dan kewajaran (fairness) untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan.  Berdasarkan ruang lingkup tersebut harus bisa dihasilkan informasi akurat yang bisa mendukung pengambilan keputusan bagi manajemen perusahaan.  Agar informasi dapat dihasilkan secara cepat, aman dan akurat diperlukan tata kelola yang baik dengan berdasarkan standar tata kelola perusahaan yang telah diterima secara luas (best practices) serta teruji implementasi disisi operasional.

 

Perusahaan dalam melakukan pengelolaan sumber daya harus dilakukan secara proporsional, profesional dan inovatif untuk memberikan pelayanan prima bagi seluruh pihak yang berkepentingan. Perusahaan melakukan optimalisasi sumber daya perusahaan berdasarkan prinsip korporasi yang sehat dan akuntabel.

 

Berdasarkan tujuan tersebut perlu dilakukan evaluasi penerapan GCG dengan menggunakan sistem evaluasi berbasis teknologi informasi yang bisa digunakan untuk melakukan analisa berdasarkan informasi hasil pengolahan data – data oleh Tim Asesmen CGC baik internal maupun eksternal Perusahaan.

 

Pembangunan  sistem ini  menggunakan teknologi web-based yang online secara terus menerus dan dapat dipantau oleh Direksi maupun Dewan Komisaris Perusahaan secara real time. Dengan implementasi Sistem Informasi Manajemen Good Corporate Governance (SIMGO) oleh Perusahaan akan membantu Dewan Komisaris, Direksi dan manajemen Perusahaan dalam melakukan evaluasi hasil pelaksanaan penerapan GCG secara cepat setiap saat.

B.      FITUR APLIKASI

SIMGO dibangun secara khusus dan digunakan untuk melakukan Assessment penerapan GCG berbasis sistem informasi. Selain itu, aplikasi SIMGO juga dapat digunakan untuk menyimpan data dan dokumen yang berkaitan dengan Faktor Uji Kesesuaian atas parameter dan indikator yang akan dinilai untuk menghasilkan informasi untuk tujuan evaluasi. Fitur aplikasi meliputi:

1.      Setup Koneksi Database;

2.      Setup Data Perusahaan;

3.      Setup Bobot;

4.      Setup Kualifikasi Penilaian;

5.      Setup per aspek, per indikator dan per parameter;

6.      Setup eksport ke file excel;

C.    ARSITEKTUR SIMGO

Aplikasi SIMGO dibuat dengan berbasis website yang bertujuan untuk memudahakan perusahaan melakukan penilaian aspek-aspek dalam mencapai tujuan Good Corporate Governance (GCG). Arsitektur SIMGO dapat dilihat pada Gambar di bawah ini.

 

Pada gambar tersebut, terdapat 4 (empat) bagian yang dapat terhubung dengan Aplikasi SIMGO terdiri dari Komisaris, Direksi, Pegawai, dan Admin yang dapat mengakses aplikasi melalui jaringan internet. Jaringan yang ada dihubungkan dengan menggunakan LAN, sehingga setiap data yang masuk dapat langsung di-input secara real time dan terhubung ke semua bagian tersebut. Aplikasi dapat diakses melalui berbagai macam perangkat seperti smartphone, tablet, dan personal computer.

 

Komisaris dapat melihat penilaian seluruh aspek-aspek untuk mencapai GCG yang baik secara real-time. Direksi dapat memonitoring secara langsung hasil penilaian GCG perusahaannya apakah telah memenuhi kriteria dari masing-masing aspek atau belum. Pegawai dapat melakukan pengisian seluruh aspek beserta dengan kelengkapannya dalam rangka mengetahui skor GCG perusahaannya. Admin dapat melakukan pengaturan umum yang terdapat di aplikasi seperti profil perusahaan, dan lain-lain.

 

Aplikasi dikembangkan dengan memperhatikan kebutuhan pengguna, sehingga mudah dioperasikan. Aplikasi dikembangkan pula dengan memperhatikan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang terkini.

 

D.     TAMPILAN SIMGO

1.      Tampilan Halaman Login Aplikasi

Sama seperti login ke dalam aplikasi lain, login disini menggunakan username dan password yang sudah ada. Pengguna aplikasi ada dua jenis yaitu sebagai user dan administrator. User adalah pengguna aplikasi hanya bisa melihat dan memantau aplikasi, tidak memiliki akses untuk upload dokumen dan edit keterangan dalam aplikasi. Sedangkan administrator bertindak sebagai admin/pengelola aplikasi, bisa upload dokumen dan edit keterangan dalam aplikasi. Penetapan sebagai user dan administrator dikembalikan kepada kebijakan masing – masing Perusahaan.

2.      Tampilan Beranda

Beranda menampilkan pencapaian skor masing – masing aspek yang telah dicapai oleh Perusahaan.

3.      Kategori Nilai

Proses asesmen menggunakan 5 kategori nilai yaitu 0; 0,25; 0,50; 0,75; 1. Nilai 0 jika belum ada dokumen sama sekali untuk memenuhi persyaratan/kriteria. Nilai 0,25 jika memenuhi sebagian kecil persyaratan/kriteria. Nilai 0,5 jika memenuhi sebagian persyaratan/kriteria. Nilai 0,75 jika memenuhi sebagian besar persyaratan/kriteria. Nilai 1 jika memenuhi seluruh persyaratan/kriteria.

4.      Item Penilaian

Ada 6 (enam) aspek yang dinilai (asesmen) dengan bobot masing – masing yang sudah ditentukan pada SK-16/S.MBU/2012.

5.      Tampilan Faktor Uji Kesesuaian (FUK)

Tampilan FUK pada aplikasi terdiri atas nilai FUK terkait (0; 0,25; 0,50; 0,75; 1), evidence adalah bukti dokumen yang mendukung nilai FUK, analisa berisi catatan/penjelasan atas FUK dan evidence. Bagian rekomendasi diisi ketika pada FUK terkait masih harus ada perbaikan (area of improvement). Sementara evidence attachment digunakan untuk upload dokumen pendukung FUK tersebut. Dokumen yang di upload bisa lebih dari satu dengan format file jpg, pdf, excel, rar, word.

6.      Data Pengguna

Data pengguna aplikasi terdiri atas user dan administrator. User adalah pengguna aplikasi hanya bisa melihat dan memantau aplikasi, tidak memiliki akses untuk upload dokumen dan edit keterangan dalam aplikasi. Sedangkan administratator bertindak sebagai admin aplikasi, bisa upload dokumen pendukung dan edit keterangan dalam aplikasi.

7.      Kategori Penilaian

Berfungsi untuk mengetahui secara cepat FUK mana saja yang mendapatkan nilai 0; 0,25; 0,50; 0,75; dan 1 untuk ke-enam aspek tersebut.

8.      Export Laporan

Hasil asesmen bisa di export dalam bentuk excel.

 

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT