Chat Only
Image

Workshop Penguatan dan Akselerasi Penerapan Manajemen Risiko Berbantuan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMKO) oleh PPA&K periode Maret 2023

PPA&K kembali melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas SDM. Selain menyediakan jasa konsultasi,  pendidikan dan pelatihan, kini PPA&K juga menyelenggarakan workshop yang membahas tema-tema terkini dalam perkembangan di bidang audit internal, akuntansi dan keuangan, perpajakan, manajemen, tata kelola, serta sistem dan teknologi informasi. 

Workshop pertama yang dilaksanakan adalah Workshop Penguatan dan Akselerasi Penerapan Manajemen Risiko Berbantuan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMKO). Fokus utama pada workshop kali ini adalah penerapan manajemen risiko sesuai Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor 05/MBU/09/2022. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Tjokro Premiere, Bandung, Jawa Barat dan dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 7 sampai 8 Maret 2023. Para peserta yang mengikuti workshop terdiri dari pimpinan dan staf  perusahaan BUMN dan Perusahaan Swasta. 

Pembukaan workshop dilakukan pada hari pertama dengan dihadiri oleh Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi bersama Bapak Rizki Rangkuti dan Bapak Nur Abdillah selaku Narasumber Workshop. 

Pada acara pembukaan, Bapak Supriyadi  menyapa dan berinteraksi  dengan para peserta yang sudah bergabung dalam  Workshop Penguatan dan Akselerasi Penerapan Manajemen Risiko Berbantuan SIMKO. Sebagian besar perusahaan tempat peserta bekerja merupakan klien yang sudah sejak lama mempercayai PPA&K dalam penyelenggaraan berbagai jenis Pendidikan dan Pelatihan. Bapak Supriyadi juga menjelaskan secara garis besar apa yang akan didapatkan para peserta dari workshop ini. 

“Pada workshop kali ini, bersama narasumber, kita akan bersama memahami penerapan manajemen risiko sesuai dengan Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor 05/MBU/09/2022. Di hari kedua nanti kita akan mencoba penerapannya dengan menggunakan alat bantu aplikasi SIMKO,” ujar Bapak Supriyadi. 

Adanya aplikasi SIMKO yang dikembangkan oleh PPA&K bisa dijadikan solusi dari permasalahan manajemen risiko seperti lambat dan tidak akuratnya pengolahan data profil, mitigasi dan dampak risiko untuk menghasilkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan. SIMKO dikembangkan sebagai alat navigasi seluruh aktifitas perencanaan, penerapan, monitoring, evaluasi dan pelaporan manajemen risiko. 

“Harapan kami, Bapak dan Ibu semua yang mengikuti workshop ini bisa kembali ke perusahaan dengan membawa bekal pemahaman dan bisa terus menerus melakukan kontrol atas mitigasi risiko sehingga dampak risiko dapat dikendalikan dan diminimalisir secara efektif dan tepat waktu,” tutup Bapak Supriyadi. 

Selain Workshop Penguatan dan Akselerasi Penerapan Manajemen Risiko Berbantuan SIMKO, PPA&K akan melaksanakan dua workshop lain yang akan diselenggarakan pada bulan Maret 2023. Diklat tersebut terdiri dari Workshop Tata Cara Asesmen Efektifitas Pengendalian Intern dan Kinerja Satuan Pengawas Intern (SPI)/ Quality Assurance Review yang dilakukan pada 8 dan 9 Maret 2023. Kemudian, Workshop Tax Audit Investigations And Appeal Process Update Bab II UU No. 7 Tahun 2022 (UU HPP) & PP 50 Tahun 2022 yang akan dilakukan pada 18 Maret 2023. Kedua workshop ini direncanakan akan dilakukan secara hybrid agar jangkauan peserta dapat lebih luas dan PPA&K tetap bisa menjadi lembaga yang terdepan dan terpercaya.

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT