Chat Only
Image

PPA&K menyelenggarakan Workshop sebagai Aksi Penguatan dan Akselerasi Implementasi Permen BUMN No.5 Tahun 2022

PPA&K telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Workshop yang berkaitan dengan Peraturan Menteri BUMN No.5 Tahun 2022 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Badan Usaha Milik Negara. Setelah menyelenggarakan Workshop Penguatan Dan Akselerasi Penerapan Manajemen Risiko Berbantuan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMKO) pada tanggal 7 sampai 8 Maret 2023, PPA&K melanjutkan dengan Workshop Tata Cara Asesmen Efektifitas Pengendalian Intern dan Kinerja Satuan Pengawas Intern (SPI)/ Quality Assurance Review pada tanggal 9 sampai 10 Maret 2023.

Kegiatan Workshop berjalan dengan lancar dan dilakukan secara hybrid. Baik peserta yang berada di dalam ruang pertemuan maupun ruang virtual aktif dan antusias dalam mengikuti workshop hingga selesai. Pelaksanaan virtual dilaksanakan PPA&K menggunakan Zoom agar bisa terhubung dengan peserta. Sedangkan untuk tatap muka dilakukan di Hotel Grand Tjokro Premiere, Bandung, Jawa Barat. 

Pada hari pertama Workshop Tata Cara Asesmen Efektifitas Pengendalian Intern dan Kinerja Satuan Pengawas Intern (SPI)/ Quality Assurance Review dihadirkan narasumber yang merupakan Praktisi Audit berpengalaman, Nur Abdillah. Pokok pembahasan workshop hari pertama antara lain overview quality assurance dan improvement program, review internal audit governance dan internal audit staffing, serta review internal audit management dan internal audit process. Secara rinci narasumber menjelaskan dan moderator mempersilahkan peserta bertanya secara bergantian. Hal itu pula yang terjadi pada hari kedua. 

Hari kedua pelaksanaan workshop dihadiri oleh narasumber yang juga berasal dari kalangan praktisi yaitu Vidvant Brahmantyo. Beliau menjelaskan mengenai pengendalian internal yang terintegrasi COSO 2013, penerapan Aktivitas Pengendalian yang efektif dari proses bisnis perusahaan, dan tata cara asesmen efektifitas pengendalian intern. Peserta yang sebagaian besar bekerja dibidang audit internal tidak sungkan untuk mendiskusikan permasalahan yang relevan dengan perusahaan masing-masing. 

Sistem pengendalian internal merupakan salah satu strategi mitigasi yang baik untuk mengelola risiko tata kelola dan keuangan perusahaan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah tindakan demi meningkatkan pemahaman pengendalian internal kepada setiap unit di perusahaan serta melakukan pengukuran kinerja audit. PPA&K memiliki misi salah satunya adalah mengembangkan dan meningkatkan sistem kerja dan kualitas SDM dalam rangka mendukung kinerja perusahaan, melakukan inovasi dengan menyelenggarakan Workshop sekaligus bagian dari aksi penguatan dan akselerasi implementasi Peraturan Menteri BUMN No. 5 Tahun 2022 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Badan Usaha Milik Negara.

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT