Chat Only
Image

Diklat Virtual Class Periode Oktober 2024 Sudah Dibuka

Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) kembali membuka Program Diklat Audit Internal dan Manajemen Risiko secara virtual melalui Zoom untuk Periode Oktober 2024. Diklat Audit Internal yang berjalan pada periode ini adalah Diklat Dasar-Dasar Audit juga Komunikasi dan Psikologi Audit, sedangkan Diklat Manajemen Risiko yang berjalan adalah Qualified Chief Risk Officer (QCRO). Diklat yang dilakukan pada minggu kedua bulan Oktober ini diikuti oleh peserta yang berasal dari BUMN, Instansi Pendidikan, dan Rumah Sakit.

Selama lebih dari tiga dekade PPA&K menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan yang ikut serta dalam mengembangkan SDM. Dijelaskan oleh Bapak Budi Hanta, Direktur Operasional PPA&K, bahwa PPA&K telah mengikuti regulasi yang ditetapkan pada Permen BUMN No. 2 Tahun 2023, diantaranya adalah terdaftar sebagai Lembaga Pendidikan dan Pelatihan nasional dan menjalankan diklat berjenjang.

“Misalnya Diklat Audit Internal di PPA&K dilakukan secara berjenjang, mulai dari Dasar-Dasar Audit, Audit Operasional, Komukasi dan Psikologi Audit, Audit Kecurangan, sampai terakhir adalah Pengelolaan Tugas-Tugas Audit,” jelas Bapak Budi Hanta.

Selain diklat yang berjenjang, diklat yang diikuti mendapatkan pengakuan dari pemerintah dan lembaga sertifikasi. Di PPA&K sendiri, kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak lama karena PPA&K telah bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) seperti LSPAI, LSP-MKS, LSPAF, dan sebagainya.

”Asesmen yang diikuti oleh peserta dilakukan oleh BNSP melalui kepanjangan tangan LSP. Dalam hal ini peserta Auditor Internal akan diasemen oleh LSPAI dan peserta diklat Manajemen Risiko akan dilakukan oleh LSP-MKS,” ujar Bapak Budi Hanta

Lebih lanjut Bapak Budi Hanta menjelaskan baik Auditor Internal dan Manajemen Risiko pada dasarnya memiliki tugas yang saling berkaitan di lapangan, diantaranya adalah seorang auditor internal harus mengetahui apakah manajemen risiko di suatu Perusahaan terkelola dengan baik atau tidak. Bagi seorang yang bekerja di bidang manajemen risiko harus bisa mengelola risiko yang muncul di perusahaan agar tidak membahayakan kelangsungan jalannya usaha.

Pada bulan Oktober 2024 ini, Diklat Dasar-Dasar Audit serta Komunikasi dan Psikologi Audit dimulai pada waktu yang sama, yaitu tanggal 8 Oktober 2024. Namun waktu penyelesaian diklat Dasar-Dasar Audit akan selesai satu hari lebih lama dari pada Komunikasi dan Psikologi Audit, yaitu tanggal 15 Oktober 2024. Bagi peserta Qualified Chief Risk Officer (QCRO) juga akan memulai diklat pada waktu yang sama dengan Program Diklat Audit Internal dan selesai pada 10 Oktober 2024.

Dengan berjalannya Diklat yang rutin dilakukan ini, PPA&K memiliki harapan yang besar agar SDM Indonesia tidak hanya unggul dalam teori tetapi juga implementasi di lapangan. Dengan tercapainya harapan tersebut maka instansi dari berbagai sektor di Indonesia bisa semakin kuat dalam mendukung perttumbuhan ekonomi yang ada di Indoensia.

 

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT