Chat Only
Image

Diklat Tatap Muka Periode Maret 2023 Telah Selesai

Diklat tatap muka periode Maret 2023 sudah selesai diselenggarakan. Diklat tersebut dilaksanakan di Green Forest Hotel, Bogor, Jawa Barat. Kali ini ada 4 diklat yang terlaksana, antara lain Diklat Khusus bagi Kepala SPI, Diklat Audit Kecurangan, Diklat Analisis Laporan Keuangan, dan Diklat Risk Based Budgeting.

 

Pembukaan diklat dilaksanakan pada Senin, 13 Maret 2023 dengan dihadiri sekaligus dibuka oleh Direktur Operasional PPA&K, Bapak Budi Hanta. Peserta yang bergabung dalam diklat tatap muka periode Maret 2023 berasal dari berbagai instansi, baik BUMN maupun Swasta. 

 

Sebelum peserta memulai pembelajaran, panitia diklat mengajak para peserta untuk mengakrabkan diri melalui kegiatan outing berupa rafting yang dilakukan di Cisadane, Bogor, Jawa Barat. Peserta sangat antusias mengikuti rafting tersebut. Kesesokan harinya diklat dilanjutkan dengan proses pembelajaran.

 

Pada Diklat Khusus Bagi Kepala SPI, peserta diberikan pemahaman mengenai pengelolaan kegiatan audit internal dan diberikan pemahaman mengenai penulisan laporan hasil audit yang efektif serta berbagai hal lain yang layak untuk diberikan kepada seorang pemimpin unit audit internal agar memudahkan dalam pelaksanaan tugas-tugasnya. Diklat ini merupakan bagian dari program Diklat Auditor Internal. 

 

Bagi para peserta yang mengikuti Diklat Audit Kecurangan, akan dibekali dengan pengetahuan dan teknis mengenai kecurangan yang biasanya terjadi di perusahaan serta pencegahan yang efektif. Dibutuhkan sebuah keahlian dalam menangani kecurangan tersebut karena hal tersebut bisa menurunkan kinerja, kerugian finansial, dan sumber daya. Selain itu, keahlian auditor dalam mengurangi risiko kecurangan dapat menentukan apakah perusahaan tersebut memiliki pengendalian internal yang mendukung. 

 

Adapun Diklat Analisis Laporang Keuangan yang akan membantu peserta dalam memprediksi peluang dan strategi bisnis serta menilai tujuan perusahaan dan pengendalian internal. Kemudian ada Diklat Risk Based Budgeting akan membekali peserta dengan pemahaman mengenai prinsip penganggaran pada suatu perusahaan dengan perihitungan risiko yang akan terjadi. 

 

Pada diklat tatap muka di PPA&K, para peserta akan dibekali oleh para praktisi dan akademisi berpengalaman sehingga peserta akan mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi lebih dalam mengenai materi yang diberikan. Bagi peserta Diklat khusus bagi Kepala SPI dan Audit kecurangan, peserta akan melakukan uji kompetensi di hari terakhir diklat dilaksanakan bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Internal (LSPAI). 

 

Setelah semua rangkaian diklat selesai, dilakukan penutupan Diklat. Penutupan dilakukan sebanyak dua sesi. Sesi pertama dilakukan pada hari Jumat, 17 Maret dan penutupan sesi kedua dilakukan pada Sabtu, 18 Maret 2023 dengan dihadiri oleh Bapak Supriyadi selaku Direktur Utama PPA&K. Adanya dukungan dan kepercayaan para peserta terhadap PPA&k sebagai tempat pendidikan dan pelatihan, PPA&K akan terus bertransformasi untuk menjadi lebih baik, semakin terdepan dan terpercaya.

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT