Chat Only
Image

Perlahan Namun Pasti Peminat Brevet Pajak C Meningkat, Angkatan 9 Sudah Dibuka

Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K)  telah menyelesaikan program pelatihan brevet pajak C pada 23 September 2023. Satu bulan berlalu, kini Brevet C kembali dilaksanakan secara virtual dan dibuka pada 28 Oktober 2023. Kelas yang dibuka ini merupakan angkatan ke-9 dari brevet pajak C yang dilakukan secara virtual dengan diikuti oleh peserta yang yang kebanyakan berasal dari wilayah Jabodetabek.

Selama menjalankan program pelatihan brevet pajak C, PPA&K telah melalui jalan yang panjang. Peminat yang mengikuti Brevet Pajak C belum sebanyak peminat yang mengikuti brevet pajak AB, sehingga program ini baru kembali dibuka pada tahun 2022. Meski demikian, berkat adanya dukungan dan kepercayaan dari para calon peserta dan alumni Brevet Pajak AB, PPA&K tetap membuka program pelatihan brevet pajak C yang dilaksanakan secara virtual. Perlahan namun pasti, peminat brevet pajak C di PPA&K juga kian meningkat.

Brevet pajak C sendiri merupakan lanjutan dari brevet pajak A dan B. Apabila brevet pajak A membahas mengenai pajak perorangan dan brevet pajak B membahas tentang pajak badan, maka paa brevet pajak C peserta akan mendapatkan ilmu mengenai perpajakan yang sudah berkaitan dengan transaksi internasional. Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi, pada pembukaan angkatan 9 brevet pajak C.

”Selain itu perdagangan internasional secara global sudah tidak asing lagi, maka transaksi yang dilakukan sudah pasti berkaitan dengan perpajakan juga,” ujarnya.

Kemudian Bapak Supriyadi melanjutkan, bahwa ada hal yang berbeda dari pelatihan brevet pajak AB, misalnya seperti perjanjian dan penghindaran pajak berganda. Disamping itu, para peserta juga akan mempelajari tax planning  atau perencanaan perpajakan.

Tax planning ini dipelajari agar kita bisa menghitung omzet dan pengeluaran, sehingga nanti bisa mengetahui apabila ada pendapatan berapa besarnya beban dan investasi yang dikeluarkan,” jelasnya.

Terakhir beliau menginformasikan kepada para peserta terkait dengan pengajar yang akan memandu pelatihan ini. Mereka terdiri dari para praktisi, akademisi, dan widyaiswara yang sudah belasan hingga puluhan tahun berkecimpung di dunia perpajakan. Ini merupakan keunggulan PPA&K karena dengan demikian para peserta dapat dengan leluasa bertanya apabila masih ada hal yang dirasa mengganjal terkait dengan perpajakan. Peserta masih memiliki banyak waktu untuk berdiskusi dengan para pengajar melalui ruang virtual pada setiap pembelajaran di hari Sabtu pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB, sebelum kelas ini selesai pada 20 Januari 2024.

 

168 PENGALAMAN
1342 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
21025 PESERTA DIKLAT