Chat Only

Manajemen Risiko ISO 31000:2018 Berbasis Teknologi Informasi

A. LATAR BELAKANG

Direksi harus mempertimbangkan risiko usaha dalam setiap pengambilan keputusan atau tindakannya. Untuk itu, Direksi wajib membangun dan melaksanakan program manajemen risiko korporasi secara terpadu yang merupakan bagian dari pelaksanaan program Good Corporate Governance (GCG). Selanjutnya Direksi wajib menyampaikan laporan profil manajemen risiko dan penanganannya bersamaan dengan laporan berkala perusahaan. Hal-hal tersebut merupakan amanat manajemen risiko yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor: Per – 01 /MBU/2011 Tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance). 

ISO 31000:2018 merupakan panduan untuk memberikan standar pendukung penerapan manajemen risiko dalam usaha memberikan jaminan terhadap pencapaian sasaran perusahaan. ISO 31000:2018 menyediakan prinsip, kerangka kerja dan proses manajemen risiko yang dapat digunakan sebagai arsitektur manajemen risiko dalam usaha menjamin penerapan manajemen risiko yang efektif.

Penerapan teknologi informasi dalam manajemen risiko adalah salah satu fasilitas yang dapat membantu mengetahui informasi gambaran peta risiko perusahaan, mengetahui tingkaan/level risiko perusahaan, serta memberikan strategi penanganan khusus terhadap perusahaan. Informasi-informasi tersebut dapat diakses melalui sistem secara real-time untuk membantu pengambilan keputusan Direksi dan pemangku kepentingan lainnya dengan lebih cepat dan akurat.

 

B. TUJUAN

Diklat ini bertujuan untuk membekali para peserta (1) memahami prinsip, kerangka kerja dan proses manajemen risiko sesuai dengan ISO 31000, dan (2) memanfaatkan Teknologi Informasi dalam penerapan Manajemen Risiko.

 

C. TARGET PESERTA

Dewan Pengawas/Komisaris, Direksi, Komite-Komite pada Organ Dewan Komisaris, Sekretaris Perusahaan, Pimpinan dan Staf pada Unit/Divisi Manajemen Risiko, Auditor Internal, Pimpinan/Kepala dan Staf pada Divisi/Unit yang terdapat pada Perusahaan.

 

D. FITUR APLIKASI/SISTEM INFORMASI

Fitur Aplikasi/Sistem Informasi Manajemen Risiko meliputi: (1) Manajemen Data Pemangku Risiko, (2) Manajemen data KPI dan Target, (3) Manajemen Data Klasifikasi Risiko, (4) Monitoring Dasboard Risiko, (5) Pengolahan Indentifikasi Risiko, (6) Pengolahan Analisa Risiko, (7) Pengolahan Rencana Penanganan Risiko, (8) Monitoring Risiko per Periodik, (9) Pengambilan Keputusan Risiko Tertinggi.

1436 PENGALAMAN
1067 KLIEN
840 DIKLAT
167 FASILITATOR
19723 PESERTA DIKLAT